banner
banner

Partners

banner
 
 

Artikel Bebas

BUDI LUKMANTO Foundation
Sirosis Hepatis dengan Hipertensi Portal dan Pecahnya Varises Esofagus (Yusri dkk) Print E-mail

-------- Kembali artikel sebelumnya

 

MANIFESTASI KLINIS

Gambaran klinis dari sirosis tergantung pada penyakit penyebab serta perkembangan tingkat kegagalan hepato selullar dan fibrosisnya. Manifestasi klinis sirosis umumnya merupakan kombinasi dari kegagalan fungsi hati dan hipertensi porta. Berdasarkan stadium klinis sirosis dapat di bagi 2 bentuk.(1,8)

a. Stadium kompensata

Pada keadaan ini belum ada gejala klinis yang nyata, diagnosisnya sering ditemukan kebetulan.

b. Stadium dekompensata

Sirosis hati dengan gejala nyata. Gejala klinik sirosis dekompensata melibatkan berbagai sistem. Pada gastrointestinal terdapat gangguan saluran cerna seperti mual, muntah dan anoreksia sering terjadi. Diare pada pasien sirosis dapat terjadi akibat mal-absorbsi, defisiensi asam empedu atau akibat mal-nutrisi yang terjadi. Nyeri abdomen dapat terjadi karena gall-stones, refluk gastroesophageal atau karena pembesaran hati. Hematemesis serta hema-tokezia dapat terjadi karena pecahnya varises esophagus ataupun rektal akibat hipertensi porta.

Read more...
 
Komplikasi Sirosis Hati (Ethical Digest) Print E-mail
Sumber : Majalah Ethical Digest No. 113, Tahun X, Juli 2013
 
Sirosis yang dekompensata berujung pada hipertensi portal dan menyebabkan berbagai komplikasi. Menurunkan tekanan pada pembuluh darah portal dapat mencegah komplikasi.
 
Hepatitis merupakan penyakit menahun, yang berkembang menjadi sirosis setelah 15-20 tahun. Di saat itu terjadi perubahan anatomi dan struktur hati. "Pada sirosis yang terkompensasi, fungsi hati masih cukup baik. Tapi pada sirosis yang dekompensasi, sudah minimal sekali fungsi hatinya dan sudah terjadi komplikasi", kata dr. Andri Sanityoso Sulaiman, SpPd-KGEH, staf divisi Hepatologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam, RS Ciptomangunkusumo.
Read more...
 
Artikel Umum: Sirosis Hati (PPHI online) Print E-mail

Sumber : PPHI online -  Link  - 19 Februari 2013

Apa yang dimaksud sirosis hati?

Sirosis hati adalah jaringan parut (fibrosis) pada hati sebagai akibat dari kerusakan kronis hati yang bersifat ireversibel, dan ditandai dengan adanya penggantian jaringan normal dengan jaringan fibrosa sehingga sel-sel hati akan kehilangan fungsinya. Setelah sirosis berkembang, hampir tidak mungkin untuk menyembuhkan hati atau mengembalikan fungsi hati secara normal. Oleh karena itu sirosis ini merupakan kondisi serius yang memerlukan perhatian karena dapat mengakibatkan banyak komplikasi.[i]

Apa yang menyebabkan sirosis hati?

Sirosis memiliki banyak kemungkinan penyebab, kadang-kadang lebih dari satu penyebab terdapat pada pasien yang sama. Penyebab paling umum dari sirosis diantaranya:

Read more...
 
More Articles...
« StartPrev12345678NextEnd »

Page 1 of 8

Berbagi Bersama Kami

banner

Partners

Media Sosial

 

Visitor Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini675
mod_vvisit_counterKemarin511
mod_vvisit_counterMinggu Ini2856
mod_vvisit_counterBulan Ini3398