banner
banner

Partners

banner

Artikel Bebas

Facebook Like

1 Juli 2012 Print E-mail
Kebetulan sekali beberapa hari kemarin kami dihubungi oleh pihak SCTV, yang akan meliput kegiatan yayasan dan akan ditayangkan dalam program SOSOK, berkaitan dengan hari Hepatitis Sedunia 28 Juli 2012.
 
Pada hari kamis tanggal 28 Juni, pihak SCTV sudah meliput kegiatan di Laboratorium klinik Bio Medika Kelapa Gading. Beberapa anak yang mengikuti screening pada hari tersebut diambil gambarnya.
 
Pada hari minggu 1 Juli ini, hampir seharian kami bersama Ibu Alya Thamrin (News Reporter) dan Bpk. Rudy Utomo (Camera Person), melakukan pengambilan dokumentasi seluruh kegiatan kami. Program Sosok yang ditayangkan oleh pihak SCTV hanya berdurasi 6 menit, namun pengambilan gambar dan wawancaranya hampir memerlukan waktu 1 hari.

Tidak tahu dari mana mereka mendapatkan informasi (infonya dari teman di Glaxo, yang mengenal pimpinan program Sosok) tentang yayasan kami.

Dimulai dengan pengambilan gambar di rumah tempat yayasan Budi Lukmanto berada, dilanjut dengan pengambilan gambar di rumah orang tua peserta imunisasi, kemudian dilanjut di Klinik Medikarya dimana imunisasi dilaksanakan.

Kami sangat berterima kasih kepada pihak SCTV yang mau meliput dan menginformasi kan mengenai keberadaan kami kepada masyarakat umum.

Sangat luar biasa dan kami sangat BERTERIMA KASIH, setelah acara selesai, pihak SCTV malah memberikan bantuan materi kepada kami, kami sangat terharu luar biasa, bukan kita yang harus berterima kasih kepada pihak SCTV dengan memberi imbal materi namun malahan pihak SCTV yang memberikan materi kepada kami.

Semua uang yang diberikan oleh SCTV akan kami gunakan untuk membayar tagihan Vaksin Engerix yang akan ditagih kepada kami antara tanggal 2 atau tanggal 3 juli 2012.

Semoga, apa yang kami lakukan dapat bermanfaat bagi sesama, dan semakin banyak anak-anak dari keluarga yang kurang mampu dapat terselamatkan dari tertularnya Virus Hepatitis B dengan pemberian imunisasi gratis.
 
Beberapa hari kemudian kami mendapatkan informasi bahwa peogram SOSOK tersebut ditayangkan pada tanggal 15 Juli 2012.
 
Bagi mereka yang tidak sempat melihat, berikut link dibawah ini rekamannya.
 

Rekaman Acara Sosok SCTV 15 Juli 2012


Jakarta, 1 Juli 2012 19:50

Kutipan dari Liputan6.com, jika link nya sudah tidak ada lagi saya copy kan di bawah ini :

Liputan6.com, Jakarta: Hepatitis adalah penyakit infeksi, penyebab kematian kedua terbanyak di Indonesia. Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pencegahan penyakit ini menggugah hati Edhie Purwanto, mantan dosen yang memberikan vaksinasi hepatitis B gratis kepada anak-anak tak mampu di sejumlah kota di Tanah Air.

Menurut data yang ada, saat ini 1,2 miliar penduduk dunia terinfeksi virus hepatitis B. Sebanyak 400 juta di antaranya berada dalam stadium kronik. Sementara 9,4 persen atau 1 dari 10 orang di Indonesia ternyata juga terinfeksi virus hepatitis B, 1,5 persen hepatitis C. Total ada 25 juta orang indonesia terkena hepatitis B dan C.

Angka ini membuat Edhie prihatin. Terlebih tidak semua orang bisa menyadari dan mencegahnya. Itulah sebabnya, hampir setiap minggu, Edhie mengajak anak-anak kurang mampu melakukan vaksinasi hepatitis B.

Dia juga memeriksakan kekebalan tubuh alami anak-anak tak mampu. Semua diperiksa untuk melihat dan mengetahui keberadaan virus hepatitis B di tubuh anak-anak. Setelah hasil laboratorium keluar, Edhie juga membawa anak-anak itu ke klinik untuk penanggulangan selanjutnya. Sedangkan para orangtuanya diberi penjelasan seputar hepatitis.

Vaksinasi hepatitis B diberikan tiga kali dalam waktu enam bulan dengan biaya sekitar Rp 800 ribu per orang. Semua dikeluarkan Edhie dari koceknya sendiri melalui Yayasan Budi Lukmanto yang didirikannya empat tahun lalu.

"Saya ingin memberi sumbangsih, meski tidak dengan materi. Tapi bisa melalui tenaga yang diberikan," kata dr Lusy Irliani, dokter relawan yang kerap membantu Edhie.

Menariknya, Edhie ternayta bukan dokter. Dia juga bukan konglomerat kelas kakap yang memiliki uang berlimpah. Namun hati bapak tiga anak ini tergugah untuk memerangi hepatitis B setelah sebuah peristiwa menimpanya.

"Saya pernah kehilangan seorang kakak. (Yayasan) Ini juga nama kakak saya yang meninggal tiga tahun lalu. Di belakang itu ada juga keinginan saya untuk berbagi kepada orang lain. Pas kakak meninggal, memperkuat saya melakukan ini semua," ungkap Edhie Purwanto,
pendiri Yayasan Budi Lukmanto.

Selain di Jakarta, Edhie juga mengadakan vaksinasi hepatitis B gratis di Aceh, Batam, Lampung, Bengkulu, dan Tulung Agung. Sejauh ini 260 anak telah divaksinasi. Semua dikerjakan Edhie bersama para relawan setempat.

Ratusan juta rupiah telah dihabiskan Edhie. Beruntung keluarganya sangat mendukung. "Dengan berbagi seperti ini, kami tidak merasa miskin. Saya suka cita rasanya. Senang melihat anak-anak itu senang dan sehat," kata Catherine Nurhaini,
istri Edhie Purwanto.

Namun tak selamanya niat baik Edhie dan keluarga berjalan mulus. Ada saja anggapan miring dan rasa curiga kepada mereka. Namun Edhie jalan terus. Apalagi banyak warga yang juga terbantu. "Bersyukur ada bantuan seperti ini. Soalnya kalau biaya sendiri, saya tidak sanggup," ujar Lince, warga Tanah Merah, Jakarta Utara.

80 persen penyakit hepatitis B muncul tanpa gejala. Anda perlu waspada bila sering mengantuk, cepat lelah, perut kanan atas tidak nyaman, pembengkakan kaki, dan perut atau mata serta kuku berwarna kekuningan.

Penyebab hepatitis atau radang hati bermacam-macam. Bisa dari virus, bakteri, zat kimia, dan kekebalan tubuh yang kurang. Penularannya lewat darah dan cairan tubuh. Selain vaksinasi, pencegahan bisa dilakukan dengan memperhatikan penggunaan alat-alat yang bisa melukai seperti sikat gigi, gunting kuku, dan pisau cukur.

"Bahaya dari hepatitis adalah kerusakan berlanjut terus sehingga menimbulkan gangguan pada fungsi hati," kata Pusat Peneliti Hati Indonesia dr. Rivo Alvani Indonesia.

Mendirikan Yayasan Budi Lukmanto adalah komitmen penuh Edhie, meski pekerjaan sebagai dosen harus ia tinggalkan. Kini di sela-sela kesibukannya sebagai HRD di perusahaan swasta, Edhie mengelola milis B survivor dan website yang memberikan informasi bagi penderita hepatitis dan keluarganya.(ULF)

----------- End     

Dibaca 7337 kali.
 

Berbagi Bersama Kami

banner

Partners

Visitor Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini22
mod_vvisit_counterKemarin317
mod_vvisit_counterMinggu Ini1759
mod_vvisit_counterBulan Ini9322