banner
banner

Partners

banner

Artikel Bebas

Facebook Like

Tulisan Pribadi
Arjuna Mencari Makna Print E-mail

Ditulis oleh : Edhie Purwanto (Ketua Yayasan Budi Lukmanto)

Setiap orang dalam perjalanan kehidupannya merupakan sebuah proses mencari makna. Seorang anak ketika ditanya cita-citanya seringkali menjawab, “Aku ingin menjadi dokter”, “Aku ingin menjadi tentara”, makna sering diwujudkan dalam cita-cita, karena dalam cita-cita itu mereka ingin mengekspresikan makna dalam kehidupannya.

 

Namun untuk memahami makna dalam cita-cita tersebut perlulah seseorang digali lebih jauh, artinya jika seorang anak ingin menjadi dokter bisa ditanya lagi “Kalau kamu jadi dokter, memangnya untuk apa ?”, terkadang jawaban anak tersebut polos dan mengatakan “Aku pengen KAYA”, ini lah makna dari seorang dokter dari anak tersebut. Mungkin ada anak lain yang menjawab “Aku ingin MEMBANTU orang lain supaya sehat”, ini juga makna yang dipilih oleh anak lain.  Setiap orang tentu berbeda dalam pemberian makna akan perjalanan kehidupannya, baik ketika bekerja atau ketika hidup dalam keluarga.

Read more...
 
Kecewa - Malu - Introspeksi Print E-mail

Ditulis oleh : Edhie Purwanto (Ketua Yayasan Budi Lukmanto)

 

Setiap orang tentu menginginkan sesuatu yang lebih baik dalam perjalanan kehidupannya. Bermacam-macam bentuk keinginan dan cara mewujudkannya. Ada yang ingin menjadi pemimpin, ada pula yang ingin menjadi karyawan dengan jabatan lebih tinggi, baik di pegawai negeri maupun swasta, ada yang ingin berwiraswasta dan lain sebagainya.

 

Dalam proses mewujudkan keinginan, tentunya dibutuhkan sumber daya baik waktu, tenaga, dana, pikiran dan sebagainya yang terkait. Misal ingin menjadi  Kepala Daerah, maka dibutuhkan modal berupa dana yang akan digunakan untuk kampanye. Seseorang yang ingin berwirausaha, maka dibutuhkan modal dana untuk membeli barang yang akan dijual kembali, begitu pula seseorang yang ingin memiliki jabatan/karir lebih tinggi dalam sebuah perusahaan, mereka harus belajar lagi dan bersaing dengan rekannya. Semua membutuhkan modal dan harus bersaing.

Read more...
 
P = K * S Print E-mail

Ditulis oleh : Edhie Purwanto (Ketua Yayasan Budi Lukmanto, Staf pengajar Universitas "BINA NUSANTARA")

Huruf-huruf tersebut bukanlah merupakan kependekan dari nama sebuah partai, namun merupakan  kependekan dari sebuah rumusan yang menurut saya memiliki makna cukup penting. Masing-masing huruf, P adalah kependekan dari kata Prestasi atau performance, sedang K adalah Kompetensi dan S adalah Sistem. Prestasi adalah hasl dari sebuah kompetensi yang bekerja atau bergulir dalam sebuah sistem. Prestasi tidak mungkin muncul hanya dengan kompetensi saja tanpa sistem atau prestasi tidak mungkin muncul hanya dengan sistem saja tanpa kompetensi. Keduanya memiliki peran yang signifikan terhadap munculnya prestasi.

Read more...
 
« StartPrev123NextEnd »

Page 1 of 3

Berbagi Bersama Kami

banner

Partners

Visitor Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini508
mod_vvisit_counterKemarin438
mod_vvisit_counterMinggu Ini508
mod_vvisit_counterBulan Ini7202